Label

Senin, 07 September 2015

Tips Lambung Sehat

Dalam sistem pencernaan, lambung merupakan organ tempat penyimpanan makanana sementara sebelum diserap oleh usus. Bukan hanya menyimpan, lambung juga berperan dalam mencerna makanan dengan cara menghasilkan asam lambung serta enzim yang berperan khas mencerna komposisi kimia makanan.

Dalam pencernaan manusia, peran lambung sangat vital. Sebab lambung merupakan indikator sehatnya sistem pencernaan. Apabila lambungnya sehat, maka sistem pencernaan keseluruhan akan sehat. Sebagai contoh, jarang sekali ada orang yang memiliki penyakit usus, kecuali mereka memiliki penyakit lambung.

Bagaimana cara menjaga kesehatan lambung ?
Menurut para ahli kesehatan, hanya ada dua cara menjaga kesehatan lambung, yaitu dengan makan secara teratur dan terutama mengkonsumsi makanan sehat. Namun apabila makan secara teratur tidak diimbangi dengan makanan sehat, tentu hal ini tidak akan menjaga kesehatan lambung kita. Sebagai contoh, saya termasuk orang yang tidak teratur dalam makan, kadang satu, dua, atau tiga kali sehari, dengan tidak memperhatikan waktu. Tetapi saya merasa bahwa saya sehat.

Bagaimana ciri lambung sehat?
Mungkin tips ini dapat membantu pembaca mengetahui lambung yang sehat, yaitu dengan mengonsumsi kopi hitam dingin atau buah yang agak masam (jeruk misalnya) waktu pagi sebelum sarapan. Apabila dengan mengonsumsi buah agak masam atau kopi hitam kita tidak merasakan sakit, berarti lambung kita sehat. Apabila kita merasa sakit, berarti lambung kita tidak sehat.

Makanan apa yang harus kita konsumsi dan kita hindari ?
Sebagian besar penyakit disebabkan oleh makanan. Maka untuk menjaga lambung serta tubuh yang sehat, sudah tentu kita harus mengonsumsi makanan alami yang sehat pula, terutama sayuran dan buah-buahan.
Makanan yang sulit dicerna seperti cokelat, keju, kue dengan krim, gorengan dan makanan dengan kadar lemak tinggi juga harus di hindari. Makanan ini akan membuat sistem pencernaan bekerja ekstra, sehingga akan memperlama pengosongan lambung dan akan menghasilkan lebih banyak asam.
Namun, makanan yang harus paling dihindari adalah makanan instan atau olahan.  

Pendapat yang Perlu Diuji Kebenarannya
Bukan berarti saya meragukan keilmuan seorang ahli kesehatan (dokter) dalam bidang kesehatan. Namun kadang ada pendapat yang perlu kurang objektif atau ilmiah, karena berbeda bukti empiris.
Dalam beberapa sumber, seorang dokter mengatakan bahwa untuk menjaga agar lambung tetap sehat harus menghindari makanan seperti pedas, asam, buah, sayur, singkong, talas, jagung, ubi, dan lain-lain, yang menurut saya justru makanan itu menjaga kesehatan lambung. Apabila lambungnya tidak sehat, mungkin makanan itu harus dihindari.

Makanan Pedas dan asam harus dihindari. Mengonsumsi makanan pedas seperti cabai dapat melukai atau mengiritasi lambung. Hal ini tidak sepenuhnya benar, tergantung dari kadarnya. Apabila kadarnya terlalu banyak, tentu dapat merusak. Tetapi apabila kadarnya sesuai justru akan membantu menjaga kesehatan lambung, sebab cabai yang dikonsumsi dengan kadar yang sesuai, justru akan memelihara kesehatan lambung, bahkan dapat mengobati penyakit lambung.
Makanan lain yang disebutkan di atas, seperti sayur, buah, dan umbi-umbian, justru harus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kita.


Lambung yang sehat merupakan indikator pencernaan yang sehat, pencernaan yang sehat merupakan indikator tubuh yang sehat. Jadi kalau kita ingin memiliki tubuh sehat, mulailah perhatikan apa yang akan menjadi isi lambung kita. Semoga bermanfaat!


Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar